Sabtu, 01 Februari 2014

Ini HP Layar Sentuh Pertama


Sejarah Handphone Layar Sentuh Pertama di Dunia


Kebanyakan orang berpikir bahwa ponsel layar sentuh pertama kali dibuat oleh Apple Inc. Memang harus diakui kalau iPhone menjadi ponsel yang populer dengan touchscreen nya.
Namun, era ponsel dengan layar sentuh ternyata dimulai jauh sebelum Apple meluncurkan iPhone. Tepatnya mulai tahun 1994 silam. Penyedia solusi komputer IBM ternyata jadi yang pertama membuat ponsel memakai layar sentuh.
Pada tanggal 16 Agustus 1994, IBM secara resmi meluncurkan IBM Simon Personal Communicator. IBM Simon merupakan ponsel pintar dengan sistem operasi Datalight ROM-DOS yang sudah mengusung teknologi layar sentuh.
Ponsel ini dibekali dengan prosesor Vadem berkekuatan 16 MHz. Meskipun demikian, ponsel ini berukuran bongsor, yaitu 20cm x 6,4cm x 3,8cm dengan berat 510 gram.
Sayangnya, istilah smartphone belum ada kala itu. Padahal, ponsel besutan perusahaan yang dijuluki sebagai raja paten itu pantas mendapat sebutan smartphone pertama di dunia.
Saat itu, para peminat IBM Simon harus membayar USD 899 atau sekitar Rp. 8,6 juta dengan 2 tahun kontrak operator. Pilihan lainnya yakni membayar USD 1099 atau sekitar Rp. 10,5 juta tanpa kontrak operator. Ponsel yang merupakan generasi smartphone pertama ini berhasil terjual sekitar 50 ribu unit selama masa penjualannya. IBM melego Simon sampai dengan bulan Februari 1995, hanya 6 bulan saja dari sejak pertama kali diluncurkan.

Inilah sejarah dari HP layar sentuh pertama di dunia, jika anda yang lahir di jaman itu mungkin anda akan mengerti dan bernostalgia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar