Sabtu, 01 Februari 2014

Spesifikasi Playstation 4 dan Xbox One

Spesifikasi Ps4 dan Xbox One


Assalammualaikum Wr. Wb, kali ini kita akan bahas spesifikasi Ps4 dan Xbox One, apa aja? Yuk, ikutin saya.

Perbandingan Spesifikasi Detil Antara PlayStation 4 dan Xbox One

Dua raksasa penguasa video game akan kembali berhadap-hadapan. Microsoft dengan Xbox Onenya dan Sony dengan PlayStation 4 akan bersaing untuk mendapatkan perhatian dari para penggila permainan digital dari seluruh dunia. Tetapi siapa yang kira-kira bakal menjadi pemenangnya?
Berikut ini adalah sekilas perbandingan berdasarkan spesifikasi dari kedua konsol permainan terpopuler tersebut, seperti yang JerukNipis kutip dari CNet, Jumat (15/11/13):
Harga
PlayStation 4 boleh berbangga diri di kategori ini. Pasalnya, Sony hanya membanderol mesin terbarunya dengan harga US$ 399 atau sekitar Rp 4,6 juta (US$ 1=Rp 11.590). Sedangkan Xbox One lebih mahal US$ 100 dan berkisar di angka Rp 5,78 juta.
PlayStation telah resmi dirilis di Amerika Serikat pada 15 November silam. Sedangkan wilayah Eropa dan Australia kebagian tanggal 29 November, diikuti Asia pada Desember 2013 dan Jepang pada 22 Februari.
Hardware
Secara keseluruhan, kedua mesin permainan ini memiliki kualitas yang hampir setara. Namun ketika diujicoba secara lebih detil oleh Digital Foundry, maka PlayStation 4 berhasil menunjukkan keunggulannya, terutama dalam hal penggunaan hardware RAM.
PlayStation 4 menggunakan RAM GDDR5 berkapasitas 8GB, sedangkan Xbox One memakai DDR3 dengan kapasitas yang sama. GDDR5 yang PlayStation 4 gunakan sama dengan tipe RAM yang digunakan oleh kebanyakan PC demi mengoptimalisasi kualitas grafik.
Menurut hasil perbandingan, PlayStation 4 memiliki komputasi grafik 50 persen lebih baik dibandingkan Xbox One.
Video Game Ekslusif
Keduanya masih terlihat kompetitif dalam hal perilisan video game eksklusif. Xbox One memegang peredaran pertama untuk video game Crimson Dragon, Dead Rising 3, Ryse: Son of Rome, dan Forza 5Call of Duty: Ghosts juga menjadi judul permainan eksklusif yang bakal dirilis mesin buatan Microsoft untuk pertama kalinya.
Sedang PlayStation 4 bakal memiliki hak untuk merilis Killzone: Shadow FallKnackInfamous: Second SonThe Order, dan The Dark Sorcerer. untuk pertama kalinya.
Controller
Dalam hal alat pengendali, PlayStation 4 bisa dibilang berhasil mengangkangi Xbox One. Kehadiran touchpad di bagian tengah menjadi nilai pembeda, sekaligus meningkatkan pengalaman seorang gamer dan juga kualitas permainans. Namun, masih ada faktor lain yang menjadi dasar penilaian.
Controller Xbox One menggunakan faslitas Wi-Fi Direct, sedangkan PlayStation 4 masih bergantung pada Bluetooth 2.1+EDR. Secara teoritis, sambungan Wi-Fi tentu akan lebih baik ketimbang Bluetooth.
Bluetooth 2.1+EDR memiliki kecepatan maksimum sambungan hingga 3Mbps, sedang Wi-Fi Direct mampu terkoneksi dengan kecepatan 250Mbps. Di atas kertas, tentu saja controller Xbox One menang jauh. Tetapi hal ini masih harus dibuktikan terlebih dahulu di dunia nyata.
Jika anda ingin membeli, perhatikan spesifikasi dan harga. Jangan tergiur akan game-gamenya, perhatikan semuanya. Demikian dari saya, apabila saya punya salah saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Wassalammualaikum Wr. Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar